-->

8 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Akan Tidur

advertise here


8 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Akan Tidur


jangan lakukan hal ini sebelum tidur

Beberapa Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Tidur

Setelah seseorang seharian beraktivitas pasti akan merasakan lelah dan letih karena banyak menghabiskan energi, cara membangun energi itu kembali adalah dengan cara makan, minum  dan juga tidur.

Tidur merupakan suatu kondisi istirahat yang selalu kita lakukan setiap harinya, dengan memejamkan mata dan hilang kesadaran.

Dengan tidur, saat sudah bangun seseorang dapat kembali beraktivitas dalam keadaan yang lebih segar dan juga lebih berenergi, dan pastinya menjadi lebih semangat lagi dalam beraktivitas. Kita juga harus memperhatikan waktu tidur kita agar hasil dari tidur kita tersebut lebih baik dan nyenyak.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan tidur dan tidak boleh kita lakukan sebelum tidur agar tidur kita lebih nyenyak. Diartikel ini saya akan membagikan kalian 8 hal yang tidak boleh dilakukan saat akan tidur.

1. Mengkonsumsi Minuman Yang Mengandung Kafein


jangan lakukan hal ini sebelum tidur


Asupan kafein dapat mempengaruhi tidur, sejumlah faktor dapat mempengaruhi respon terhadap konsumsi kafein dan dampak selanjutnya terhadap tidur.

Efek kafein terhadap tidur dapat dilihat dari banyaknya jumlah kafein yang tertelan pada waktu tidur atau juga jumlah kafein yang tertelan sepanjang hari. Usahakan untuk minum minuman berkafein sebelum jam 2 siang untuk menghindari susah tidur.

2. Minum Minuman Alkohol Dalam Jumlah Banyak 

Kesalahan besar bila meminum minuman yang mengandung alkohol dalam jumlah besar. Jika sudah sering minum minuman alkohol dapat menjadikan seseorang mengalami gangguan tidur (insomnia).
Alkohol secara berlebihan tidak berguna untuk tidur yang baik, orang yang mengkonsumsi alkohol berlebihan juga dapat mendengkur dan pernafasan semakin terganggu. Jadi orang tidak dapat tidur dengan nyenyak.

3. Makan Saat Akan Tidur

Makan merupakan kegiatan yang wajib kita semua lakukan untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan tubuh. Makan saat akan tidur dapat membuat efek yang tidak baik bagi kalian, salah satunya dapat menyebabkan reflux gastroesofagus.  

Reflux gastroesofagus merupakan dimana asam lambung akan naik ke korongkongan yang dapat menyebabkan rasa seperti terbakar di dada.

4. Minum Dalam Jumlah Banyak


jangan lakukan hal ini sebelum tidur

Minum juga suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua orang. Kita juga diwajibkan untuk minum 8 gelas air putih per hari.

Tapi jika kalian minum banyak saat akan tidur menyebabkan tidur kalian terganggu karena kalian akan bangun malam hari untuk buang air kecil menyebabkan susah tidur dengan nyenyak.

5. Berdebat Karena Suatu Permasalahan

Berdebat dengan seseorang saat akan tidur merupakan suatu hal yang seharusnya tidak kalian lakukan karena akan berdampak buruk juga pada kalian.

Karena akan menyebabkan tidur kalian terasa tidak nyenyak dan juga akan membawa susana hati yang buruk besoknya, jika kalian masih belum bisa menghadapi masalah yang belum terselesaikan dari malam sebelumnya. 

6. Menonton Film Yang Menyeramkan

Menonton film horor pada malam hari dengan teman-teman mungkin hal menyenangkan untuk dilakukan. Tapi hal itu dapat menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan saat akan tidur.

Dampak buruknya adalah susah tidur. Karena akan terbayang-bayang saat kalian akan tidur dan bisa saja menyebabkan mimpi buruk. Usahakan jangan menonton film horor saat akan tidur.

7. Tidur Dengan Lampu Menyala

Meskipun kalian sudah terbiasa tidur dengan lampu menyala. Ternyata tidur dengan lampu menyala juga dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

Banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari menyalakan lampu saat tidur diantaranya, dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, kualitas tidur berkurang dan rasa pegal pada mata.

8. Tidur Dengan Ponsel Pintar


jangan lakukan hal ini sebelum tidur

Yang terakhir adalah meletakan ponsel pintar yang aktif didekat kalian, ini mungkin yang sering banyak orang lakukan.

Dampaknya sangat buruk bagi kita karena ponsel pintar ini memiliki pancaran radiasi tinggi yang tidak terlihat oleh mata, sehingga seseorang tidak menyadari bahayanya. Dampak buruknya antara lain, dapat menyebabkan tumor otak, menghambat metabolisme tubuh, dan resiko terbakar.

Dari penjelasan diatas kita sudah tahu bahwa hal-hal tadi dapat merugikan kita jika kita lakukan. Kalian juga harus berusaha untuk tidak melakukannya agar tidak berdampak buruk nantinya dan jangan begadang, tidur larut malam.

Terima kasih atas kunjungan ke blog ini. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dan apabila ada salah kata atau hal yang tidak diinginkan saya minta maaf.



Silahkan memberi kritik atau saran dengan bijak

Click to comment